Sejarah FLP Malang



SELAYANG PANDANG TENTANG FORUM LINGKAR PENA

  1. FLP (Forum Lingkar Pena) adalah sebuah organisasi kepenulisan berasaskan Islam, bergerak di segala bidang yang berhubungan dengan kepenulisan dan pemberdayaan penulis.
  2. FLP berdiri pada tanggal 22 Februari 1997 di Kalimantan, diprakarsai oleh Helvi Tiana Rosa, Asma Nadia, dan Muthmainnah.
  3. VISI
    Visi FLP adalah Membangun Indonesia yang cinta membaca dan menulis serta membangun jaringan penulis berkualitas di Indonesia. FLP sepakat untuk menjadikan menulis sebagai salah satu proses pencerahan umat.
4.      MISI
a.  Menjadi wadah bagi penulis dan calon penulis.
b. Meningkatkan mutu dan produktivitas (tulisan) para anggotanya sebagai sumbangsih berarti bagi masyarakat.
c. Turut membangun citra pers yang obyektif dan bertanggung jawab.
d.         Turut meningkatkan budaya membaca dan menulis, terutama bagi kaum muda Indonesia.
e. Menjadi organisasi yang selalu memunculkan penulis baru dari daerah di seluruh Indonesia.
5.      Semboyan: Berbakti Berkarya Berarti.
6.      FLP yang berpusat di Jakarta ini memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia (dari Sabang sampai Merauke), bahkan menyebar ke beberapa negara seperti Mesir, Yaman, Hongkong, Belanda, Singapura, Jepang, Amerika, Inggris dll.
7.      Cabang pertama didirikan di wilayah Kalimantan Timur pada tahun 1998 yang berpusat di Bontang serta cabangnya di Samarinda, Balikpapan, Tengarong, dan Sangata.
8.     FLP Wilayah Jawa Timur yang berpusat di Surabaya telah memiliki cabang di beberapa kota, antara lain di Malang, Pasuruan, Blitar, Sumenep, Pamekasan, Probolinggo, Jember, Kediri, Jombang, Bondowoso, Banyuwangi, dll. Periode 2011—2013 FLP Wilayah Jawa Timur dipimpinan oleh Adam Muhammad (Lutfi Hakim).


FLP CABANG MALANG
     
  1. Sejarah FLP Malang
FLP Cabang Malang berdiri pada 22 Nopember 2000 di Aula Akper jl Ijen (sekarang poltekes)Malang yang diprakarsai oleh Abyz Wigati, Izzatul Jannah, dan Bahtiar HS.
  1. Sekretariat:
Pada awalnya, sekretariat  FLP Cabang Malang berada di Terusan Ambarawa No. 52 A Malang. Kemudian sejak tanggal 26 Januari 2009 hingga 2013, berpindah ke:
            Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang
            Jalan Ijen No 30 A Malang 
      Tahun 2015 markas FLP-sekarang pindah di Perum Taman Embong Anyar 2
Blok H-11

3.     FLP Ranting
FLP Malang memiliki beberapa ranting yang berpusat di beberapa perguruan tinggi, yaitu UM (Universitas Negeri Malang), UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), UIN (Universitas Islam Negeri) Malang, dan SMAN 10 Malang.
4.     Kepengurusan FLP Malang
            2002–2003      : Abyz Wigati
            2003–2004      : Hanif Acep
            2004–2005      : Dadang Kriswanto
            2005–2008      : Kukuh Santoso
            2008–2010      : Faris Khoirul Anam
            2010-2013        :  Fauziah Rachmawati
            2013-2014        : Mahfuzh Huda
            2014-sekarang : Dyah Wulandari






Abyz Wigati
Dadang Kriswanto
Faris Khoirul Anam
Fauziah Rachmawati
Mahfuzh Huda
Dyah Wulandari



Dirangkum oleh 

Share this

Fauziah Rachmawati

Pendidik yang hobi membaca, menulis, travelling, dan nonton film. 

Karya tulisanya pernah menjadi finalis lomba KKTM tingkat Nasional dan 10 Besar PKMI didanai Dikti 2008. Tahun 2009 dia meraih juara I Lomba Musabaqah Karya Tulis al-Qur’an (MKTQ) se- Universitas Negeri Malang Raya 2009.

Juara II Pemuda Pelopor bidang Pendidikan Kota Malang. Juara III Short Memoir Writing Contest yang diadakan oleh Yayasan Putera Sampoerna (www.siswabangsa.org).3 Besar Kriteria Pilihan Juri Lomba Menulis Guru Mizan.

Buku yang sudah terbit Aku Ingin Melukis Wajahmu (penerbit Aulia Press Solo, 2008), Lentera (Antologi FPKM, 2010), Merangkai Mimpi (Antologi FLP Jatim, 2010), Surat Untuk SBY (PNBB, 2012), Kenangan Masa Kecil yang Tak Terlupakan (PNBB, 2012), Ada Kisah di Setiap Jejak (Ide Kreativa, 2012), Senandung Ramadhan, Menebus Dosa di Negeri Celaka, Perempuan Merah Lelaki HaruPendidikan Seks untuk Anak Autis (Elexmedia, 2012), Mesir Pesona dan Tragedi (Antologi, 2013), 10 Kunci Rezeki ala Sahabat Rasulullah (Qibla, 2015)

Beberapa tulisannya pernah dimuat di Malang Pos, Koran Pendidikan, Majalah Komunikasi, Cahaya Nabawy, Majalah Kidung (Dewan Kesenian Jawa Timur), Intisari Mind Body & Soul, Surabaya Post, Jawa Pos, Republika, dan Surya. Untuk lebih mengenalnya bisa lihat di www.duniazie.com atau kirim email ke duniazie@gmail.com

0 Comment to "Sejarah FLP Malang"

Post a Comment